Sabtu, 26 Februari 2011

Tips Wawancara kerja


               Wawancara kerja adalah suatu tes yang selalu dijalani oleh para pelamar kerja, biasanya setelah tes psikotes, tes akademik atau bahkan di awal proses rekruitmen pegawai. Berikut ini saya berikan tips dan trick menghadapi wawancara kerja berdasarkan pengalaman pribadi :

  1. Pada hari H sebelum anda berangkat usahakan bagi yang beragama islam untuk berwudhu. Tidak lupa meminta restu pada Orang Tua. Terutama Ibu anda.
  2. Pakailah pakaian yang sewajarnya. Jangan terlalu mencolok disesuaikan dengan posisi yang anda lamar, bila anda melamar untuk pegawai proyek lapangan tidaklah perlu memakai dasi ( Mau ngapain anda ? ) bahkan ada yang memaklumi memakai celana jeans tapi yang berwarna gelap. Hindari menggunakan baju bermerk ( saya pernah sampai ditanya berapa harga yang saya pakai ). Untuk pria paling aman  memakai baju warna putih lengan panjang dan celana kain hitam. Untuk cewek jangan minim dan ketat jagalah kesopanan anda.
  3. Datang tepat waktu, 15 menit sebelum jadwal yang telah ditentukan ( Jangan buat kesan anda tidak disiplin karena datang terlambat ).
  4. Ketika memasuki  ruangan perhatikan cara berjalan anda. Tegap tapi santai ( Jangan menunduk karena menunjukkan ketidakpercayaan diri anda ).
  5. Berikan sapaan hangat kepada si pewancara " Selamat Pagi " sesuaikan dengan waktu dan jabat tangannya jangan terlalu keras karena akan memberikan kesan agresif.
  6. Atur posisi duduk anda senyaman mungkin. Jangan melipat tangan pada dada menunjukkan anda orang tertutup.
  7. Ketika anda diminta menceritakan diri anda. Ceritakan tentang kelebihan diri anda dan kelemahan diri anda tentu dengan cara mengatasi kelemahan anda, motivasi anda melamar perusahaan yang anda lamar tidaklah penting anda menceritakan asal anda, umur atau keluarga. Bukankah di Riwayat Hidup sudah anda tulis.
  8. Jawab pertanyaan dengan tegas dan simple. Hindari kata2 mungkin ( menunjukkan ketidakyakinan anda tentang jawaban yang anda berikan ). Untuk masalah teknis jawablah dengan sesuatu yang berhubungan dengan teknis juga.
  9. Tatap mata si pewancara ketika anda menjawab untuk menghargai dan menunjukkan keseriusan anda.
  10. Tertawalah ketika si pewancara mengajak anda tertawa tapi tidak berlebihan untuk menunjukkan bahwa anda bukan orang yang kaku dan tidak mudah bersosialisasi.
  11. Usahakan menjawab pertanyaan di awali dengan kata " Setau Saya"
  12. Jika anda tidak tau atau tidak bisa menjawab bilang saja " Mohon maaf saya kurang mengerti " biasanya jawaban tersebut dimaklumi.
  13. Di saat terakhir si pewawancara biasanya menanyakan " ada yang mau ditanyakan ? ". beberapa pertanyaan yang bisa anda ajukan adalah
  • Lingkup pekerjaan yang akan anda kerjakan nanti ?
  • Jenjang karir di perusahaan yang anda lamar
          Tunjukkan bahwa anda memang berminat di perusahaan tersebut.
    14. Bila si pewawancara merasa cukup. Jabat tangannya dan ucapkan 
          terima kasih
    15. Jawaban yang brilliant dan meyakinkan belum tentu meloloskan dalam 
          sesi ini semua tergantung pada pewawancara karena ini bersifat 
          subyektif.
    16. Berdoa dan pasrahkan kepada Allah

Semoga sukses. . .

0 komentar:

Posting Komentar