Jumat, 04 Maret 2011

Konstruksi Motor AC


KONSTRUKSI MOTOR AC
Secara umum konstruksi motor AC terdiri dari :
  • Rangka Mesin
  • Stator
  • Rotor
Agar lebih jelas memahami konstruksi motor ac, mari kita bahas satu persatu bagian dari konstruksi motor AC.

Rangka mesin  

sebagai pemegang stator

Stator 

stator terbuat dari besi silikon yang berlaminasi ( lembaran tipis ) dengan tujuan mengurangi rugi arus EDDY. Inti stator mempunyai alur - alur dimana kumparan stator / jangkar atau kumparan utama diletakkan.

Macam - Macam Bentuk Alur
Setiap bentuk alur memiliki kelebihan dan kekurangan, yang mempengaruhi pemasangan kawat kumparan dan fluks.

Alur terbuka
  • mudah memasukkan kumparan tetapi fluks kurang baik
Semi Tertutup
  • Agak sulit memasukkan kumparan harus satu persatu, tetapi fluks lebih baik dari alur terbuka
Tertutup
  • Sulit memasukkan kumparan, fluks sangat baik

Rotor

Terbuat dari besi berlaminasi. Ada 2 jenis :
- Silindris ( non salient pole )
- Menonjol ( salient pole )





Silindris 
  • diameter kecil tetapi panjang baik untuk putaran tinggi digunakan untuk PLTU, PLTG
Menonjol
  • untuk putaran rendah, bila digunakan pada putaran tinggi berbahaya karena gaya sentripetalnya. digunakan untuk PLTA

                 Pada rotor dengan kutub menonjol kadang - kadang ada kumparan peredam ( damper winding ), berupa batang tembaga axial yang kedua ujungnya saling dihubungkan singkat. Gunanya untuk meredam oscilasi bila terjadi perubahan beban secara mendadak.

0 komentar:

Posting Komentar